Tuesday, June 21, 2011

MANA YANG PALING CANTIK? BUNGA ATAU INTAN PERMATA??

Sebuah pertanyaan yang harus dijawab oleh kita adalah manakah yang paling cantik dan indah bunga atau intan permata?
Bunga : -wangi
-Usianya terbatas
-Kecantikannya dinikmati banyak orang
-Pemilik bunga tidak memiliki prestise istimewa
-Jika berguguran akan mati

Intan permata : -tidak wangi
-Usianya lebih kekal
-Keindahannya memuaskan pemiliknya
-Pemilik intan permata memiliki prestise
-Jika jatuh tidak pecah

Bunga dan intan permata sama-sama cantik dan indah, tetapi keduanya mempunyai perbedaan. Bunga memang cantik, wangi dan menggoda tetapi mudah layu ketika banyak orang memegangnya atau mati ketika orang memetiknya. Apalagi jika terkena oleh panas sinar matahari. Bagaimana dengan intan permata?
Bukankah Intan permata terlihat indah selamanya jika terus dipelihara oleh pemiliknya?

Keduanya cantik, keduanya indah, tetapi kecantikan dan keindahan intan permata lebih abadi dibandingkan kecantikan bunga.

Begitupun orang yang cantik/ tampan secara fisik tidak akan abadi karena factor usia dibandingkan dengan orang yang cantik batinnya.

Kecantikan dan ketampanan lahir yang tidak disertai dengan kecantikan batin akan seperti rumah tanpa tiang. Apabila suatu saat dihantam bencana yang menimpanya, dia menjadi putus asa dan rendah diri.
Kecantikan batin adalah ketakwaan kepada Allah. Orang yang selalu memelihara ketakwaan akan dapat mengalahkan kecantikan / ketampanan yang hanya dimiliki lahiriah. Inilah senjata ampuh agar selalu percaya diri, karena kepada Allah lah tujuan hidupnya dipersembahkan.

“SESUNGGUHNYA KALAU MEREKA BERIMAN DAN BERTAKWA, (NISCAYA MEREKA AKAN MENDAPAT PAHALA), DAN SESUNGGUHNYA PAHALA DARI SISI ALLAH ADALAH LEBIH BAIK, KALAU MEREKA MENGETAHUI” (Qs Al-baqarah :103)

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “SESUNGGUHNYA ALLAH TIDAK MELIHAT TUBUH-TUBUH KALIAN, JUGA PENAMPILAN KALIAN, TAPI MELIHAT HATI DAN PERBUATAN KALIAN. TAKWA ITU DISINI, TAKWA ITU DISINI, BELIAUPUN MENUNJUK DADANYA” (HR Bukhari-Muslim).

Inilah bukti keadilan Allah, ternyata yang memiliki tempat dan derajat tertinggi disisi Allah bukan karena kecantikan, kemolekan atau ketampanan, melainkan yang menentukan nya adalah ketakwaan.

Carilah seribu macam cara untuk mendapatkan nilai takwa dan berlomba-lombalah dalam kebajikan.
Keindahan tidak hanya dari segi fisik, tetapi seharusnya tercermin dari dalam (inner beauty) yakni mempunyai kecantikan ruhiah, cerdas emosional, cerdas spiritual dan cerdas intelektual. Itulah kecantikan yang sebenarnya.

Rasulullah SAW bersabda: “SESUNGGUHNYA ALLAH TIDAK MEMANDANG POSTUR TUBUH TUBUHMU DAN TIDAK PULA PADA KEDUDUKAN MAUPUN HARTA KEKAYAANMU, TETAPI ALLAH MEMANDANG HATIMU, BARANG SIAPA MEMILIKI HATI YANG SALEH, ALLAH MENYUKAINYA. MANUSIA YANG PALING DI CINTAI ALLAH ADALAH YANG PALING TAKWA (HR Muslim).

“DAN BAGI TIAP-TIAP UMAT ADA KIBLATNYA (SENDIRI) YANG IA MENGHADAP KEPADANYA. MAKA BERLOMBA-LOMBALAH KAMU (DALAM BERBUAT) KEBAJIKAN. DIMANA SAJA KAMU BERADA PASTI ALLAH AKAN MENGUMPULKAN KAMU SEKALIAN (PADA HARI KIAMAT). SESUNGGUHNYA ALLAH MAHA KUASA ATAS SEGALA SESUATU” (Qs Al-baqarah: 148)

Kecantikan batin adalah ketakwaan kepada Allah. Orang senantiasa memelihara ketakwaan akan dapat mengalahkan kecantikan yang hanya dimiliki lahiriah.

Menurut LiannyHendranata - Pakar terapis dan hipnosis, Inner beauty adalah suatu kekuatan yang tidak terlihat memancarkan keindahan, karisma seseorang, tetapi pengaruhnya -imbasnya- terasa oleh orang lain.
Memoles daya tarik lahir jauh lebih mudah daripada daya tarik batin karena polesan fisik bisa dilakukan secara instan. Dengan memoles wajah ke salon, ditambah balutan pakaian yang bagus secara fisik akan tampil menarik, padahal yang terpenting adalah kepribadiannya. Seseorang dapat memancarkan aura keanggunan fisiknya dari kepribadiannya sehingga tampil sebagai sosok yang mempesona.
"Orang yang wajahnya biasa-biasa saja bisa tampil menarik, tetapi orang yang menari tidak harus selalu cantik, tandas Lianny.

Pada dasarnya semua orang berpotensi untuk memiliki kecantikan batin (inner beaty), asalkan mau mengasahnya dan berubah menjadi lebih baik.

Lalu bagaimana mengasah Inner beauty?

Menurut para Psikolog, hal pertama yang harus dilakukan adalah berpikir positif terhadap diri sendiri dan orang lain. Berpikir positif di yakini dapat membuat wajah kita makin bersinar karena apa yang ada di dalam hati atau pikiran kita akan terpancar melalui wajah dan mata. Jangan menyesali kekurangan diri, lebih baik berpikir positif bahwa manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.
Kemudian asahlah kemampuan intelektual kita, dengan wawasan dan pengetahuan yang luas, akan membuat kita mempunyai nilai plus.

Selain itu jangan lupa untuk selalu mensyukuri nikmat yang kita peroleh karena rasa syukur yang tulus akan membuat batin lebih tenteram. Hal ini akan memberikan pancaran tersendiri pada wajah kita. Rasa syukur membuat kita terhindar dari rasa iri dan dengki. Biasakanlah untuk mengulurkan bantuan dengan ikhlas bagi orang yang membutuhkan. Hal yang tak kalah penting adalah senyum, karena senyum yang tulus dapat meluluhkan ketegangan jiwa dan membuat wajah lebih bersinar.

Selamat mengasah diri untuk menjadi permata-permata kehidupan...

No comments:

Post a Comment

Sudi2 la komen kat blog ni..:-)